Kamis, 14 April 2011

KENAPA LANGIT BIRU TUGAS HIDROGRAFI ROMBEL 1

Ketika kita masih kecil dan mulai bisa berfikir pasti banyak pertanyaan muncul di benak kita. Kenapa kok..? kok bisa ya.. ? Mengapa ? atau kalimat lain pasti terlontar pertanyaan itu kepada orang tua. Kemarin iseng-iseng berselancar di search engine membaca judul Mengapa langit berwarna biru ?
Bikin penasaran ajah, klik deh situsnya. Jawabannya sederhana gak panjang lebar sampai satu buku.
Mengapa langit berwarna biru?
Atmosfir bumi mengandung molekul gas kecil dan partikel (butiran) debu. Sinar matahari yang memasuki atmosfir tersebut bertemu dengan molekul gas dan partikel debu tadi. Warna sinar yang memiliki gelombang sinar lebih panjang seperti merah dan kuning, dapat melewati dan menembus molekul gas dan debu tadi. Tetapi warna biru yang memiliki gelombang sinar lebih pendek dipantulkan kembali ke atas atmosfir. Itulah mengapa langit terlihat berwarna biru. Prinsip yang sama berlaku juga dengan air di laut atau danau yang terlihat berwarna biru.
Hahaha baru tahu kan mengapa langit berwarna biru. Hal-hal kecil memang sering dilupakan dan bukan berarti di hapus dari memori kita. Masih bisa kita cari lagi di antara reruntuhan memori yang penuh dengan dosa ini [sok puitis].

Tidak ada komentar:

Posting Komentar